Dekatkan Kesbangpol Pekanbaru dengan Maayarakat

Kesbangpol Pekanbaru Bakal Luncurkan 6 Aplikasi 

Sekretaris Badan Kesbangpol Pekanbaru Maisisco saat mendampingi Kaban Kesbangpol M Yusuf dalam acara sertijab kemarin.

PEKANBARU--- (KIBLATRIAU. COM) -- Pemerintah Kota Pekanbaru yang dalam hal ini  Kesbangpol Pekanbaru terus melakukan inovasi dan  terobosan era digital untuk upaya percepatan smart city madani. 

Adapun program yang dibuat Kesbangpol Pekanbaru bekerja sama dengan Universitas Lancang Kuning aplikasi. Enam aplikasi  yakni, Website, Pemetaan GIS, Metoda Penelitian, Arsip Digital, Perizinan, Data Kepegwaian dan Penangan atas pengaduan masyarakat (PPM).

Sekretaris Badan Kesbangpol Pekanbaru, Meisisco kepada wartawan,  Jumat (1/2/2019) mengatakan, aplikasi yang bakal diluncurkan itu merupakan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komuter (Fasilkom) Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau.

"Ya Memorendum Of Understanding (MuO) sudah kita tandatangani bersama (Kebangpol-Unilak)sejak tahun lalu," ujar Maisisco. 

Ditambahkan, Maisisco melalui aplikasi ini, juga akan lebih mendekatkan masyarakat dengan Badan Kesbangpol Pekanbaru, serta menuju industri 4.0. 

"Dengan MoU antara Kesbangpol dengan perguruan tinggi (Unilak) juga akan ada kesinambungan antara Praktek Kegiatan Lapangan (PKL) mahasiswa dengan penerapannya di lingkungan pemerintah dalam hal ini Kesbangpol," ujar Maisisco. 

Dosen Fasilkom, Jurusan Informatika. Unilak Dafwen Toresa, mengatakan kerjasama MoU dengan Kesbangpol selama tiga tahun, ini dimaksudkan setiap mahasiswa Unilak PKL program yang dilakukan bisa terus dikembangkan setiap tahunnya, sehingga tidak  terputus dan akan berkesinambungan. 

"Bagi Unilak sendiri ini bagian dari pangabdian kepada masyarakat. Sebab itu, ada tahapan-tahapan, dan mahasiswa juga akan dilatih untuk operator dan sebagainya," ujar Dafwen. 

Ditambahkan Dafwen,  semua OPD akan membuat program ini, hanya saja Badan Kesbangpol Pekanbaru yang perdana. "kita ingin kalau selama ini perguruan tinggi yang bekerjasama dengan OPD saling memberikan konstribusi, tidak terputus," terang Dafwen. 

Terkait aplikasi ini misalnya, setalah merancang sistim, lalu berikutnya mahasiswa PKL tinggal lagi melanjutkan pada tahun berikutnya, dan berikutnya dikembangkan dan seterusnya.

Ditambahkan Dafwen, banyak manfaat 6 aplikasi yang akan diluncurkan  tersebut. "Ya banyak sekali manfaatnya dengan adanya aplikasi ini. Sebab,  masyarakat bisa membuat pengaduan , sehingga Kesbangpol lebih cepat menindaklanjuti nya, " ujar Dafwen. (Hen) 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar